Johnny Yang Satu Lagi

Pendidikan Anak

Johnny Yang Satu Lagi — Banyak dari Anda yang tentunya ingat film Stand and Deliver, sebuah kisah tentang Jaime Escalante, seorang imigran dari Bolivia yang mengajar di Gartfield High School di lingkungan kumuh di Los Angeles. Ia berhasil mendidik murid-murid yang dikenal sulit diajar.

Salah satu adegan menggambarkan tentang "Johnny yang satu lagi." Di kelas Escalante terdapat dua siswa bernama Johnny. Yang satu selalu memperoleh nilai A+, yang lain F+.

Suatu malam pada suatu pertemuan antara guru dengan orang tua siswa, seorang ibu yang kegirangan mendekati Escalante dan bertanya, "Bagaimana prestasi Johnny saya?"

Escalante berpikir bahwa ibu Johnny yang berperingkat F+ itu tidak mungkin bertanya demikian, maka ia bangga-banggakan Johnny yang berperingkat A+ itu.

Keesokan paginya, Johnny yang selalu mendapatkan nilai F+ mendekati tuan Escalante dan berkata, "Saya sungguh menghargai apa yang bapak katakan kepada ibu saya tentang saya, dan yakinlah bahwa saya akan bekerja sangat keras untuk membuktikan apa yang bapak katakan itu."

Di akhir masa percobaannya, ia meraih peringkat C- dan di akhir masa tahun ajarannya, ia meraih peringkat kehormatan.

Kalau kita perlakukan orang lain seolah-olah mereka itu "Johnny yang satu lagi," kemungkinan besar prestasi mereka akan menjadi lebih baik.

Zig Ziglar, Anda Bisa Mencapai Puncak Sukses, hlm. 151

You may like these posts

Post a Comment