Pompeii

pompeii

Pompeii — Pompeii adalah sebuah kota yang sangat indah pemandangannya, yang terletak di kaki gunung Vesuvius. Kota ini juga merupakan kota perdagangan yang cukup ramai, sehingga banyak orang kaya yang tinggal di dalamnya.

Malang tak dapat ditolak, pada suatu hari, gunung Vesuvius itu meletus dengan melontarkan lahar panas yang sangat mengerikan. Maka terjadilah malapetaka yang tidak pernah dibayangkan orang sebelumnya! Lahar panas itu bergerak menuju kota Pompeii yang indah itu, dan orang-orang yang berada di sana tidak sempat lagi melarikan diri dari sergapan lahar yang datangnya demikian tiba-tiba. Ribuan orang terkubur hidup-hidup beserta dengan harta benda yang tak ternilai jumlahnya.

Berabad-abad kemudian, para ahli kepurbakalaan mengadakan penggalian di kota Pompeii itu dan mereka menemukan penemuan-penemuan yang sangat menarik.

Ada orang-orang (tentu saja tinggal kerangkanya) yang jelas menunjukkan keserakahan mereka. Ketika mereka lari dari lahar yang menyergap, mereka masih juga menggenggam emas berlian di tangannya.

Tetapi yang paling menarik ialah memperhatikan para pengawal Romawi yang bertugas menjaga gerbang kota Pompeii. Para ahli purbakala menemukan para pengawal ini mati dengan sikap tegak gagah perkasa dengan tangannya masih menggenggam tombaknya. Kerangka-kerangka lainnya menunjukkan mereka sedang berusaha lari. Akan tetapi kerangka para penjaga Romawi ini justru sebaliknya, di tengah-tengah kekacauan yang mengerika, mereka tetap siap siaga dan setia pada tugasnya untuk menjaga pintu gerbang kota. Para pengawal Romawi itu mati ditelan lahar panas sebagai laskar yang setia!

Ishak Sugianto, Madu Surgawi, hlm. 124-125.

You may like these posts

Post a Comment